Hadirnya internet sebagai teknologi yang hadir di tengah-tengah masyarakat, membuat banyak perkembangan dalam kehidupan. Kehadiran sebuah marketplace menjadi sebuah alat untuk memudahkan bagi para konsumen untuk berbelanja, salah satunya yang terbesar di Indonesia yaitu adalah Shopee. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh kemudahan akses dan online customer rating terhadap revisit intention pada marketplace Shopee untuk Mahasiswa Program Studi D-IV Manajemen Pemasaran. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data dengan menyebarkan kuesioner kepada 100 responden dan menggunakan teknik purposive sampling. Analisa data pada penelitian ini menggunakan analisa regresi berganda. Variabel bebas terdiri dari kemudahan akses dan online customer rating sedangkan variabel terikat adalah revisit intention. Hasil analisis korelasi dan regresi berganda kemudahan akses dan online customer rating diketahui bahwa t-hitung > t-tabel, untuk variabel kemudahan akses 11,546 > 1,659, sedangkan untuk variabel online customer rating yaitu 7,355 > 1,659. Koefisien determinasinya adalah 0,623 = 62,3%. Hal ini dapat dijelaskan bahwa terdapat pengaruh kemudahan akses dan online customer rating terhadap revisit intention sebesar 62,3% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa variabel kemudahan akses dan online customer rating secara parsial berpengaruh terhadap revisit intention, diharapkan Shopee dapat terus mempertahankan kemudahan yang diberikan dan juga rating yang sesuai dengan produk yang ada agar dapat menciptakan revisit intention pada konsumen untuk tetap menggunakan aplikasi Shopee.
Copyrights © 2024