Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Manajemen
Vol. 2 No. 10 (2024): JURNAL ILMIAH EKONOMI DAN MANAJEMEN (JIEM)

PENGARUH KEMUDAHAN AKSES DAN ONLINE CUSTOMER RATING TERHADAP REVISIT INTENITON PADA MARKETPLACE SHOPEE (Studi Kasus pada Mahasiswa Program Studi D-IV Manajemen Pemasaran Jurusan Administrasi Niaga Tingkat 1-4 Politeknik Negeri Malang Tahun 2023)

Ahmad Rafli Faudi (Unknown)
Mohammad Maskan (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Oct 2024

Abstract

Hadirnya internet sebagai teknologi yang hadir di tengah-tengah masyarakat, membuat banyak perkembangan dalam kehidupan. Kehadiran sebuah marketplace menjadi sebuah alat untuk memudahkan bagi para konsumen untuk berbelanja, salah satunya yang terbesar di Indonesia yaitu adalah Shopee. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh kemudahan akses dan online customer rating terhadap revisit intention pada marketplace Shopee untuk Mahasiswa Program Studi D-IV Manajemen Pemasaran. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data dengan menyebarkan kuesioner kepada 100 responden dan menggunakan teknik purposive sampling. Analisa data pada penelitian ini menggunakan analisa regresi berganda. Variabel bebas terdiri dari kemudahan akses dan online customer rating sedangkan variabel terikat adalah revisit intention. Hasil analisis korelasi dan regresi berganda kemudahan akses dan online customer rating diketahui bahwa t-hitung > t-tabel, untuk variabel kemudahan akses 11,546 > 1,659, sedangkan untuk variabel online customer rating yaitu 7,355 > 1,659. Koefisien determinasinya adalah 0,623 = 62,3%. Hal ini dapat dijelaskan bahwa terdapat pengaruh kemudahan akses dan online customer rating terhadap revisit intention sebesar 62,3% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa variabel kemudahan akses dan online customer rating secara parsial berpengaruh terhadap revisit intention, diharapkan Shopee dapat terus mempertahankan kemudahan yang diberikan dan juga rating yang sesuai dengan produk yang ada agar dapat menciptakan revisit intention pada konsumen untuk tetap menggunakan aplikasi Shopee.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jiem

Publisher

Subject

Other

Description

JURNAL ILMIAH EKONOMI DAN MANAJEMEN (JIEM) berfokus pada penerbitan artikel berkualitas tinggi yang didedikasikan untuk semua aspek penelitian, masalah, dan perkembangan terbaru di bidang Ilmu Manajemen. Topik dalam Jurnal ini berkaitan dengan aspek apapun dari manajemen, namun tidak terbatas pada ...