Jurnal Psikologi
Vol 20, No 2 (2024): Jurnal Psikologi

Muslimah Religius Lebih Sedikit Menghabiskan Uang: Pengaruh Religiusitas Pada Perilaku Berbelanja

Safitri, Nadiya Nur (Unknown)
Amalina, Dina Nur (Unknown)
Amalia, Najla (Unknown)
Salbiyah, Siti (Unknown)
Marpaung, Adelia Septianingrum (Unknown)
Shadiqi, Muhammad Abdan (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2024

Abstract

Agama diciptakan oleh Tuhan sebagai pedoman hidup manusia, sehingga konsep dalam agama muncul pada setiap aspek kehidupan manusia, salah satunya perilaku belanja. Saat seseorang berpegangan pada pedoman agama, maka dapat menjauhkan diri dari materialisme dan pengeluaran yang tidak tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh religiusitas muslimah terhadap perilaku berbelanja. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan pengaturan eksperimen pada variabel terikat berupa perlakuan skenario hipotesis perilaku belanja bahan makanan. Jumlah partisipan sebanyak 64 perempuan dengan rentang usia 18-40 tahun, berdomisili di Kalimantan Selatan, dan beragama Islam. Teknik analisis yang digunakan uji statistik regresi linear sederhana.  Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui religiusitas berpengaruh negatif terhadap perilaku belanja pada muslimah yang berdomisili di Kalimantan Selatan. Artinya semakin tinggi tingkat religiusitas semakin rendah keinginan perilaku berbelanja. Hasil temuan ini menggambarkan bahwa Muslimah yang religius lebih sedikit menghabiskan uang untuk berbelanja.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Jurnal Psikologi

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Psikologi diterbitkan oleh Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Jurnal ini mengakomodir artikel/karya ilmiah meliputi : Psikologi Umum, Psikologi Sosial, Psikologi Perkembangan, Psikologi Klinis, Psikologi Pendidikan, Psikologi Agama, Psikologi Industri & ...