Agama diciptakan oleh Tuhan sebagai pedoman hidup manusia, sehingga konsep dalam agama muncul pada setiap aspek kehidupan manusia, salah satunya perilaku belanja. Saat seseorang berpegangan pada pedoman agama, maka dapat menjauhkan diri dari materialisme dan pengeluaran yang tidak tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh religiusitas muslimah terhadap perilaku berbelanja. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan pengaturan eksperimen pada variabel terikat berupa perlakuan skenario hipotesis perilaku belanja bahan makanan. Jumlah partisipan sebanyak 64 perempuan dengan rentang usia 18-40 tahun, berdomisili di Kalimantan Selatan, dan beragama Islam. Teknik analisis yang digunakan uji statistik regresi linear sederhana.  Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui religiusitas berpengaruh negatif terhadap perilaku belanja pada muslimah yang berdomisili di Kalimantan Selatan. Artinya semakin tinggi tingkat religiusitas semakin rendah keinginan perilaku berbelanja. Hasil temuan ini menggambarkan bahwa Muslimah yang religius lebih sedikit menghabiskan uang untuk berbelanja.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024