Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol. 4 No. 2 (2024): July

Didactic Transposition of Straight-Line Equations: from Scholarly Knowledge to Knowledge to be Taught

Suarsana, I Made (Unknown)
Suryadi, Didi (Unknown)
Nurlaelah, Elah (Unknown)
Jupri, Al (Unknown)
Pacis, Estrella R. (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji proses transposisi didaktik materi persamaan garis lurus dari scholarly knowledge ke knowledge to be taught. Penelitian menggunakan framework didactical design research dengan pendekatan kualitatif dan desain fenomenologi hermeneutik. Sumber data adalah scholarly knowledge berupa buku geometri analitik di perguruan tinggi dan dokumen knowledge to be taught berupa kurikulum dan buku pelajaran matematika SMP kelas VIII. Beberapa temuan permasalahan yang dapat menjadi potensi munculnya hambatan belajar yaitu pernyataan bentuk umum persamaan garis lurus , pendefinisian gradien sebagai rasio jarak atau rasio perubahan, serta penggunaan konteks yang tidak memenuhi asumsi realitas matematika. Temuan ini dapat dijadikan acuan bagi noosfer agar lebih berhati-hati dan melakukan antisipasi dalam merancang kurikulum dan buku pelajaran tentang persamaan garis lurus. This research examines the didactic transposition process of straight-line equation material from scholarly knowledge to knowledge to be taught. The research uses a didactical design framework with a qualitative approach and hermeneutic phenomenological design. The data sources are scholarly knowledge in the form of analytical geometry books at universities and knowledge-to-be-taught documents in the form of curriculum and grade VIII middle school mathematics textbooks. Some of the problem findings that could potentially create barriers to learning include stating the general form of the straight-line equation y=mx+c, defining gradient as a distance ratio or change ratio, and using contexts that do not meet the assumptions of mathematical reality. These findings can be a reference for the noosphere to be more careful and anticipate when designing curricula and textbooks about straight-line equations.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

plusminus

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika (p-ISSN: 2798-2904 & e-ISSN: 2798-2798) mempublikasikan artikel ilmiah hasil penelitian dalam bidang pendidikan matematika yang belum pernah dipublikasikan. Penulis dapat berasal dari berbagai level, seperti mahasiswa (S1, S2, S3), guru, dosen, praktisi, ...