Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Dari penelitian diketahui bahwa peran orang tua meliputi keterlibatan orang tua dalam proses pendidikan secara langsung untuk mengawasi, mengontrol, dan mengevaluasi semua kegiatan anak. Hal ini dilakukan ntuk meningkatkan kualitas pendidikan anak, orang tua harus menunjukkan teladan dan berperan sebagai pengajar bagi mereka. Selain itu, dorongan orang tua untuk mendidik dan membimbing anak dalam meningkatkan hafalan Al-Qur'an dibutuhkan lingkungan rumah yang mendukung, kemampuan anak membaca Al-Qur'an, serta adanya target sekolah yang harus dicapai. Sementara Hambatan orang tua dalam meningkatkan hafalan Al-Qur'an adalah faktor psikologis dan lingkungan sosial, serta keterbatasan pemahaman dan kesibukan dalam pekerjaan.
Copyrights © 2024