Ta'diban: Journal of Islamic Education
Vol 5 No 1 (2024): Juli-Desember

Peningkatan Pemahaman Peserta Didik pada Pembelajaran Fiqih melalui Model Direct Instruction

Abidin, Zaitun (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jan 2025

Abstract

​​​​Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji keefektifan model pembelajaran langsung (direct instruction) dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap kurikulum Fiqih di MI Darul Ulum Pekanbaru. Metodologi penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, penelitian in dilakukan kepada 30 peserta didik dan 5 guru yang mengajar pada mata pelajaran fiqih. Data diperoleh dengan cara wawancara mendalam, observasi pasrtisipatif dan analisis dokumen. Penelitian dilaksanakan di MI Darul Ulum Pekanbaru yang menerapkan model direct instruction dalam pembelajaran fiqih. Temuan penelitian menunjukkan bahwa adanya pendekatan instruksi langsung dapat meningkatkan​​​ pemahaman murid secara signifikan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa model direct instruction memiliki potensi signifikan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran fiqih, namun memerlukan pengembangan lebih lanjut untuk optimalisasi implementasinya.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

tadibanjournals

Publisher

Subject

Religion Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Ta’diban: Journal of Islamic Education adalah Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah yang fokus pada pendidikan anak dari berbagai aspek dan perspektif. Jurnal ini berisi tulisan tentang gagasan konseptual, kajian dan penerapan teori, penulisan praktis dan hasil penelitian ...