Jurnal Pedagogi Matematika
Vol 10, No 3 (2024): Jurnal Pedagogi Matematika

ANALISIS BUKU MATEMATIKA SISWA TIM GAKKO TOSHO DITINJAU DARI TEORI REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION

Multazamah, Hanny (Unknown)
Sugiman, Sugiman (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Nov 2024

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan antara lain: (1) mendeskripsikan realisasi teori Realistic Mathematics Education (RME) pada Buku Matematika Siswa Tim Gakko Tosho Kelas VII pada materi Aljabar, (2) mendeskripsikan realisasi teori Realistic Mathematics Education (RME) pada Buku Matematika Kurikulum 2013 Kelas VII pada materi Aljabar, (3) mendeskripsikan perbandingan realisasi teori Realistic Mathematics Education (RME) antara Buku Matematika Siswa Tim Gakko Tosho dengan Buku Matematika Kurikulum 2013 Kelas VII pada materi Aljabar.Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dalam bentuk analisis konten. Sumber data yang digunakan adalah Buku Matematika Siswa Tim Gakko Tosho dan Buku Matematika Kurikulum 2013 Kelas VII. Bab yang dianalisis terdiri dari bab-bab yang memuat materi Aljabar sesuai dengan Capaian Pembelajaran Fase D Kurikulum Merdeka. Data penelitian diperoleh dengan cara membaca dan mengode yang dilakukan oleh peneliti dan dua orang coder. Setelah itu, data penelitian dianalisis melalui enam teknik analisis data yang terdiri dari unitizing, sampling, recording/coding, reducing, inferring, dan narrating.Hasil yang diperoleh merupakan realisasi dari teori Pendidikan Matematika Realistik dalam kedua buku tersebut telah disajikan dengan cukup baik. Kesesuaian isi buku dengan teori Realistic Mathematics Education pada Buku Matematika Siswa Tim Gakko Tosho sebesar 65%, sedangkan pada Buku Matematika Kurikulum 2013 sebesar 62%. Perbandingan realisasi teori RME dalam proses pembelajaran matematika dari kedua buku tersebut antara lain: (1) penggunaan konteks realistik pada kedua buku sudah cukup baik, namun Buku Matematika Kurikulum 2013 perlu memperhatikan lagi ketersediaan konteks realistik yang digunakan sebagai awal pembangunan konsep, (2) penggunaan model pada kedua buku sudah cukup baik, namun kuantitas soal pengayaan pada Buku Matematika Siswa Tim Gakko Tosho masih sangat terbatas, (3) Buku Matematika Kurikulum 2013 sangat baik dalam memfasilitasi siswa untuk melakukan interaktivitas, sedangkan ketersediaan aktivitas yang dapat memicu interaktivitas peserta didik pada Buku Matematika Siswa Tim Gakko Tosho masih sangat terbatas, (4) keterkaitan konsep dalam Buku Matematika Kurikulum 2013 perlu diperhatikan agar keterkaitan antar konsep dapat lebih memperkuat pemahaman konsep siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpm

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Pedagogi Matematika ini menerbitkan karya-karya ilmiah dalam bentuk artikel hasil penelitian empiris, hasil kajian sistematik, resensi jurnal, atau letter-to-editor di bidang pendidikan matematika. Ruang lingkup jurnal ini adalah pendidikan matematika, termasuk pembelajaran, kurikulum, media, ...