Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran
Vol. 6 No. 3 (2024): JURNAL PEMIKIRAN DAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN (JP-3)

Penerapan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Quizizz terhadap Minat dan Partisipasi Siswa dalam Pembelajaran Sejarah Di SMA Negeri 18 Makassar

Aulia, Tina (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat belajar dan partipasi siswa terhadap mata pelajaran Sejarah di kelas XI.6 UPT SMA Negeri 18 Makassar. Minimnya minat siswa dalam kegiatan belajar mengajar serta kurangnya motivasi dalam menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan menjadi indikator utama dari permasalahan ini. Untuk mengatasi rendahnya minat belajar dalam pembelajaran Sejarah, penelitian menerapkan inovasi pembelajaran dengan menggunakan platform Quizizz. Dengan fitur-fitur interaktif dan gamifikasi yang menarik, Quizizz diharapkan dapat meningkatkan minat belajar serta mendorong mereka untuk lebih berpartisipasi aktif terlibat dalam kegiatan pembelajaran Sejarah. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang diakukan dalam dua siklus. Setiap siklus yang ada, meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 36 siswa kelas XI.6 di UPT SMA Negeri 18 Makassar. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data mencakup observasi, angket minat belajar, dan wawancara. Penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan yang progresif dalam minat belajar dan partisipasi siswa setelah penggunaan Quizizz. Data menunjukkan peningkatan yang signifikan dari 52% menjadi 83% dalam hal minat belajar siswa dari Siklus 1 ke Siklus 2. kemudian partisipasi siswa secara signifikan meningkat yaitu Data menunjukkan peningkatan drastis dari 70% pada silus 1 menjadi 90% pada siklus 2.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Pendidikan

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran (JP-3) merupakan media publikasi karya ilmiah yang diterbitkan oleh Rayhan Intermedia. Jurnal ini diterbitkan dalam rangka untuk mempromosikan dan menyebarluaskan pengetahuan serta teknologi yang berhubungan dengan pembelajaran dan dunia pendidikan ...