Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat belajar dan partipasi siswa terhadap mata pelajaran Sejarah di kelas XI.6 UPT SMA Negeri 18 Makassar. Minimnya minat siswa dalam kegiatan belajar mengajar serta kurangnya motivasi dalam menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan menjadi indikator utama dari permasalahan ini. Untuk mengatasi rendahnya minat belajar dalam pembelajaran Sejarah, penelitian menerapkan inovasi pembelajaran dengan menggunakan platform Quizizz. Dengan fitur-fitur interaktif dan gamifikasi yang menarik, Quizizz diharapkan dapat meningkatkan minat belajar serta mendorong mereka untuk lebih berpartisipasi aktif terlibat dalam kegiatan pembelajaran Sejarah. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang diakukan dalam dua siklus. Setiap siklus yang ada, meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 36 siswa kelas XI.6 di UPT SMA Negeri 18 Makassar. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data mencakup observasi, angket minat belajar, dan wawancara. Penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan yang progresif dalam minat belajar dan partisipasi siswa setelah penggunaan Quizizz. Data menunjukkan peningkatan yang signifikan dari 52% menjadi 83% dalam hal minat belajar siswa dari Siklus 1 ke Siklus 2. kemudian partisipasi siswa secara signifikan meningkat yaitu Data menunjukkan peningkatan drastis dari 70% pada silus 1 menjadi 90% pada siklus 2.
Copyrights © 2024