Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi implementasi model pembelajaran Gallery Walk untuk meningkatkan partisipasi siswa dalam diskusi pada mata pelajaran Sejarah kelas XI SMA Negeri 22 Makassar. Berdasarkan hasil observasi, pembelajaran sejarah di kelas ini masih berpusat pada guru dan kurang melibatkan keaktifan siswa, sehingga inovasi pembelajaran diperlukan untuk menciptakan suasana belajar yang lebih dinamis dan interaktif. Metode Gallery Walk diterapkan untuk mendorong kolaborasi, diskusi, dan pemahaman materi melalui interaksi langsung antar kelompok. Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam partisipasi siswa, kolaborasi kelompok, serta semangat belajar. Selain itu, hasil belajar siswa, baik secara akademis maupun sikap, juga meningkat, mencerminkan perkembangan keterampilan sosial, rasa percaya diri, dan kemampuan berpikir kritis mereka.Penelitian ini menegaskan pentingnya inovasi pembelajaran yang berpusat pada siswa untuk mengatasi tantangan belajar. Dengan menerapkan metode yang tepat dan pendekatan personal, pembelajaran sejarah menjadi lebih efektif, menyenangkan, dan bermakna, sekaligus membekali siswa dengan keterampilan yang relevan untuk masa depan. Model Gallery Walk terbukti relevan sebagai alternatif pembelajaran inovatif untuk menciptakan lingkungan belajar yang produktif dan inklusif. Kata Kunci: Gallery Walk, partisipasi siswa, pembelajaran sejarah
Copyrights © 2024