Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran
Vol. 6 No. 3 (2024): JURNAL PEMIKIRAN DAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN (JP-3)

Penggunaan Model Pembelajaran Mind Mapping untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Peserta Didik Kelas 10 SMA Negeri 18 Makassar

Syahrul (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran sejarah di kelas 10 SMAN 18 Makassar dengan menerapkan model pembelajaran mind mapping. Model ini dipilih karena memberikan cara belajar yang kreatif dan terstruktur, memungkinkan peserta didik memahami hubungan antar konsep secara lebih mendalam. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus meliputi tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui tes tertulis, lembar observasi, dan wawancara singkat. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam hasil belajar. Ketuntasan belajar meningkat dari 33% pada prasiklus menjadi 75% di siklus I, dan mencapai 92% pada siklus II. Model mind mapping juga meningkatkan keaktifan peserta didik selama pembelajaran. Dengan demikian, mind mapping terbukti sebagai strategi pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan hasil belajar sejarah

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Pendidikan

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran (JP-3) merupakan media publikasi karya ilmiah yang diterbitkan oleh Rayhan Intermedia. Jurnal ini diterbitkan dalam rangka untuk mempromosikan dan menyebarluaskan pengetahuan serta teknologi yang berhubungan dengan pembelajaran dan dunia pendidikan ...