Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran sejarah di kelas 10 SMAN 18 Makassar dengan menerapkan model pembelajaran mind mapping. Model ini dipilih karena memberikan cara belajar yang kreatif dan terstruktur, memungkinkan peserta didik memahami hubungan antar konsep secara lebih mendalam. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus meliputi tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui tes tertulis, lembar observasi, dan wawancara singkat. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam hasil belajar. Ketuntasan belajar meningkat dari 33% pada prasiklus menjadi 75% di siklus I, dan mencapai 92% pada siklus II. Model mind mapping juga meningkatkan keaktifan peserta didik selama pembelajaran. Dengan demikian, mind mapping terbukti sebagai strategi pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan hasil belajar sejarah
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024