Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik melalui penerapan metode pembelajaran kooperatif dengan mengimplementasikan aplikasi Canva dan model Jigsaw dalam pembelajaran. Metode pembelajaran kooperatif ini dirancang untuk mendorong interaksi, kerja sama, dan partisipasi aktif peserta didik dalam proses pembelajaran, khususnya pada mata pelajaran Sejarah. Proses pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan diskusi dengan guru pamong, yang berfokus pada dampak metode ini terhadap motivasi belajar peserta didik. Hasil implementasi menunjukkan bahwa penggunaan metode kooperatif dengan model Jigsaw dan aplikasi Canva mampu menciptakan suasana belajar yang lebih dinamis dan menarik, sehingga berkontribusi pada peningkatan motivasi belajar peserta didik. Dalam model Jigsaw, setiap siswa menjadi ada yang menjadi kelompok ahli dalam topik tertentu dan bertukar pengetahuan dengan teman sekelompoknya, meningkatkan pemahaman dan keterlibatan mereka. Temuan ini menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran inovatif, seperti pembelajaran kooperatif yang dipadukan dengan aplikasi Canva dan model Jigsaw, dapat menjadi solusi efektif untuk meningkatkan motivasi, terutama dalam mata pelajaran sejarah. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 21 Makassar pada kelas XII. Oleh karena itu, metode ini direkomendasikan untuk diterapkan lebih luas di kelas-kelas lain dengan permasalahan serupa, serta dapat dikolaborasikan dengan model pembelajaran lainnya untuk hasil yang lebih optimal.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024