Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran
Vol. 6 No. 3 (2024): JURNAL PEMIKIRAN DAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN (JP-3)

Analisis Kebijakan Pendidikan Inklusif di Indonesia: Tantangan dan Peluang dalam Implementasi di Sekolah Menengah

Roshanita Syarif (Unknown)
Arismunandar (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Dec 2024

Abstract

Pendidikan inklusif di Indonesia merupakan langkah maju yang sangat penting untuk memastikan hak pendidikan bagi seluruh anak, termasuk mereka yang memiliki kebutuhan khusus. Sistem yang ideal untuk inklusi, yaitu bahwa sistem pendidikan umum sendiri harus membuat pendidikan untuk peserta didik berkebutuhan khusus sebagai bagian yang integral. Satuan pendidikan umum melaksanakan konsep inklusi karena itu adalah hal yang benar untuk dilakukan. Inklusi bukan hanya tentang kedekatan fisik. Inklusi adalah tentang perencanaan yang matang dengan tujuan untuk keberhasilan semua peserta didik. Inklusi adalah sistem kepercayaan. Hal tersebut dimulai dengan keyakinan bahwa setiap peserta didik memiliki kekuatan yang dapat dikembangkan, minat untuk dibagikan, dan pengalaman untuk dihormati. Metode ; Penelitian ini menggunakan metode literature review untuk mengumpulkan dan menganalisis berbagai literatur tentang Analisis Kebijakan Pendidikan Inklusif di Indonesia terkait Tantangan Dan Peluang Implementasi Di Sekolah Menengah. Hasil ; Pertimbangan penerapan pendidikan inklusif adalah: a. akses (kesempatan) agar semua sekolah dapat memberikan layanan pendidikan bagi peserta didik berkebutuhan khusus; b. availability (manfaat) yang dapat diterima peserta didik berkebutuhan khusus di sekolah penyelenggara pendidikan inklusif; dan c. affordability (hasil) dapatkah sekolah pelaksana pendidikan inklusif menghasilkan peserta didik berkebutuhan khusus dengan standar kompetensi lulusan yang baik sebab layanan pendidikan inklusif yang baik harus menciptakan lingkungan yang membuat anak berhasil dan mandiri. Peluang implementasi pendidikan inklusif di Indonesia sangat terbuka lebar, terutama dengan adanya kebijakan pemerintah yang mendukung, peningkatan kesadaran masyarakat, serta dukungan sektor swasta dan LSM. Meskipun masih ada tantangan, peluang-peluang ini memberikan harapan bahwa pendidikan inklusif dapat berkembang lebih baik, menjangkau lebih banyak anak dengan kebutuhan khusus, dan menciptakan sistem pendidikan yang lebih adil dan merata. Kunci sukses implementasi pendidikan inklusif terletak pada kolaborasi antara pemerintah, sekolah, masyarakat, dan berbagai pihak terkait untuk bersama-sama menciptakan lingkungan belajar yang ramah bagi semua siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Pendidikan

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran (JP-3) merupakan media publikasi karya ilmiah yang diterbitkan oleh Rayhan Intermedia. Jurnal ini diterbitkan dalam rangka untuk mempromosikan dan menyebarluaskan pengetahuan serta teknologi yang berhubungan dengan pembelajaran dan dunia pendidikan ...