Tulisan ini membahas pengembangan karakter siswa melalui pendekatan berbasis proyek penguatan Profil Pelajar Pancasila di UPT SPF SMP Negeri 24 Makassar. Profil ini mencakup aspek-aspek penting dalam pendidikan karakter yang selaras dengan nilai-nilai Pancasila. Pendekatan ini berfokus pada penerapan nilai-nilai Pancasila yang meliputi aspek-aspek seperti berakhlak mulia, berkebhinnekaan global, gotong royong, mandiri, bernalar kritis dan kreatif dalam pembelajaran sehari-hari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan ini efektif dalam meningkatkan keterampilan sosial dan karakter positif siswa. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang mencakup observasi langsung, wawancara mendalam dengan siswa dan guru, serta analisis dokumentasi proyek yang telah dilaksanakan. Subjek penelitian terdiri dari 10 siswa dari 30 kelas di UPT SPF SMP Negeri 24 Makassar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan ini efektif dalam meningkatkan keterampilan sosial, kedisiplinan, dan karakter positif siswa. Selain itu, penelitian ini juga mengidentifikasi tantangan yang dihadapi dalam implementasi dan memberikan rekomendasi untuk perbaikan ke depan. Diharapkan, hasil penelitian ini dapat menjadi referensi bagi pendidik, pembuat kebijakan, dan orang tua dalam upaya memperkuat pendidikan karakter di Indonesia.
Copyrights © 2024