Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran
Vol. 6 No. 3 (2024): JURNAL PEMIKIRAN DAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN (JP-3)

Peranan Komunitas Belajar (KOMBEL) dalam Meningkatkan Kompetensi Guru di Sekolah Menegah Pertama (SMP)

Nurhidayah (Unknown)
Arismunandar (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Dec 2024

Abstract

Komunitas belajar dalam sekolah ( KOMBEL) merupakan salah satu bentuk kolaborasi internal sekolah yang didalamnya tergabung guru lintas mapel dan lintas kelas saling berbagi informasi, bertukar inspirasi dan belajar bersama mengatasi permasalahan pembelajaran dalam kelas saat mengimplemnetasikan kurikulum Merdeka. sekelompok individu yang secara aktif bekerja sama untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan pemahaman mereka melalui berbagai kegiatan pembelajaran yang berpusat pada kolaborasi, refleksi, dan berbagi pengalaman. Komunitas ini biasanya terdiri dari orang-orang dengan minat atau tujuan yang sama, seperti guru, siswa, atau profesional di bidang tertentu. Hal ini membuktikan bahwa pentingnya pembentukan komunitas belajar disekolah dalam mengatasi persoalan yang dihadapi oleh guru disatuan pendidikan masing – masing. Melalui komunitas belajar diharapkan guru mampu meningkatkan kompetensinya dan kinerjanya dalam menjalankan tugas sesuai dengan kebutuhan murid. Peran komunitas dalam meningkatkan kompetensi guru dengan menciptakan berbagai inovasi baru dalam dunia pendidikan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peranan komunitas belajar dalam meningkatkan kompetensi guru. Hasilnya menjadi referensi atau pedoman dalam proses mengajar sehingga menghasilkan kinerja guru yang baik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Pendidikan

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran (JP-3) merupakan media publikasi karya ilmiah yang diterbitkan oleh Rayhan Intermedia. Jurnal ini diterbitkan dalam rangka untuk mempromosikan dan menyebarluaskan pengetahuan serta teknologi yang berhubungan dengan pembelajaran dan dunia pendidikan ...