Latar Belakang: Perancangan media pembelajaran pada saat ini tidak hanya memanfaatkan benda yang dapat ditemukan pada kehidupan sehari-hari namun juga memanfaatkan teknologi dan informasi yaitu salah satunya adalah penggunaan aplikasi Geogebra. Geogebra mempunyai salah satu keunggulan utama yaitu kemampuannya untuk memvisualisasikan konsep-konsep matematika yang abstrak. Pembuatan media pembelajaran matematika yang bersifat abstrak, akan sangat terbantukan dengan adanya aplikasi ini, sebagai pengantar infomasi dari muatan materi pembelajaran yang bersifat abstrak menjadi lebih real dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaaan Aplikasi Geogebra sebagai media pembelajaran matematika pada materi grafik fungsi kuadrat. Metode: Pada pelaksanan penelitian kali ini, digunakan metode literature review, yaitu dengan proses meletakkan, mendapatkan, membaca, serta mengevaluasi berbagai literatur penelitian terkait atau berhubungan dengan persoalan yang akan diteliti. Data yang dideskripsikan yaitu hasil penelitian mengenai pengguaan aplikasi Geogebra yang telah dilakukan oleh peneliti-peneliti sebelumnya. Hasil: Berdasarkan study literature menunjukkan bahwa penggunaan Aplikasi Geogebra dalam pembelajaran grafik fungsi kuadrat memberikan banyak manfaat seperti meningkatkan pemahaman konsep, visualisasi yang dinamis memungkinkan siswa lebih mudah memahami hubungan antara persamaan kuadrat dengan bentuk grafiknya, meningkatkan keterampilan pemecahan masalah, meningkatkan motivasi belajar, dan siswa menjadi lebih aktif terlibat dalam proses pembelajaran dan merasa lebih percaya diri. Kesimpulan: Berdasarkan review literatur yang ada, dapat disimpulkan bahwa penggunaan aplikasi Geogebra dalam pembelajaran grafik fungsi kuadrat memiliki potensi yang besar untuk meningkatkan kualitas pembelajaran matematika.
Copyrights © 2024