Abstrak : Kepribadian manusia dapat dibedakan menjadi dua, yaitu kepribadian ekstrover dan kepribadian introver. Mahasiswa dengan tipe kepribadian ekstrover pada umumnya dapat belajar dengan temannya untuk memahami materi sementara tipe kepribadian introver pada pembelajaran PBL lebih pasif untuk mengembangkan dan memecahkan materi pembelajaran yang dilakukan saat belajar mandiri. Pendekatan belajar ini berhubungan positif dengan kualitas belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara tipe kepribadian dengan pendekatan belajar pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (FK UMSU). Penelitian ini berjenis deskriptif analitik korelatif dengan metode potong lintang (cross sectional). Subjek penelitian berjumlah 92 orang yang diambil dengan metode proposionate stratified random sampling. Data analisis menggunakan uji korelasi gamma atau somers. Uji Korelasi Gamma menunjukkan p=0,001 (P0,05) yang berarti terdapat hubungan tipe kepribadian dengan pendekatan belajar mahasiswa berdasarkan tahap akademik di FK UMSU. Dari studi ini dapat disimpulkan bahwa Ada hubungan antara tipe kepribadian dengan pendekatan belajar mahasiswa/i berdasarkan tahap akademik di FK UMSU.
Copyrights © 2025