eL.Muhbib: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Dasar
Vol 8 No 2 (2024): Desember

EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PAI KELAS IV SDN 2 KALAPAGUNUNG

Daniati, Nia (Unknown)
Lia Yulianengsih, Neng (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Nov 2024

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya penggunaan model pembelajaran. Model pembelajaran scramble perlu diterapkan pada pembelajaran PAI karena dianggap mampu meningkatkan motivasi belajar siswa. Artikel ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang penerapan model pembelajaran scramble untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Lokasi penelitian di SDN 2 Kalapagunung. Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata motivasi belajar siswa sebelum diterapkan model pembelajaran scramble yaitu 54%, sedangkan sesudah diterapkan model pembelajaran scramble yaitu 70%. Dari hasil uji hipotesis dengan kriteria pengujian jika nilai Sig. (2-tailed) < 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima dengan taraf signifikan = 0,05, diperoleh nilai 0,000 sehingga bisa diambil kesimpulan bahwa dapat dinyatakan H0 ditolak dan Ha diterima. Ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran scramble dalam pembelajaran dapat berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa. Kata Kunci: Model Pembelajaran Scramble, Motivasi Belajar

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

eL-Muhbib

Publisher

Subject

Education

Description

eL-Muhbib merupakan jurnal pemikiran dan penelitian pendidikan dasar dengan ISSN Print: 2614-1051, Online: 2716-5019, yang diterbitkan setiap dua kali setahun oleh Prodi S1 PGMI Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam (IAI) Muhammadiyah sejak tahun 2017 sebagai media informasi dan pembahasan seputar ...