Tujuan penelitian adalah untuk mengkaji kembali tripusat pendidikan Ki Hadjar Dewantara cenderung hanya dijadikan slogan, tidak dikaji, atau dijelaskan dalam dunia pendidikan, apalagi diterapkan dalam praktik khusunya dalam penguatan Profil Pelajatr Pancasila. Metode penelitian kualitatif dengan lokasi penelitin SD Plus Al-Qodiri Jember. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keluarga memegang peran vital dalam mendukung pembelajaran di rumah dengan memberikan bimbingan moral, memfasilitasi akses pendidikan, dan mengajarkan nilai-nilai karakter. Masyarakat, sebagai lingkungan sosial yang lebih luas, turut berkontribusi dengan menciptakan kondisi yang kondusif bagi pertumbuhan anak, serta menyediakan sarana dan prasarana pendidikan yang mendukung. Sinergi antara ketiga elemen ini family, school dan warga adalah kunci keberhasilan untuk menumbuhkan karakter peserta didik yang mencerminkan profil pelajar Pancasila yang mereka tidak hanya memiliki kompetensi akademik. Kesimpulanya, Penting untuk menjalanka kerjasama yang harmonis antara Tri Pusat Pendidikan untuk menghasilkan generasi yang unggul, berkarakter, dan siap menghadapi tantangan global.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024