Maker: Jurnal Manajemen
Vol 1 No 1 (2015): JUNI 2015

PENGARUH IMPLEMENTASI RELATIONSHIP MARKETING TERHADAP LOYALITAS NASABAH PADA PT. BANK QNB KESAWAN, Tbk CABANG PEMATANGSIANTAR

Susanti, Popo (Unknown)
Lie, Darwin (Unknown)
Butarbutar, Marisi (Unknown)
efendi, Efendi (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Aug 2018

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Populasi pada penelitian ini ialah nasabah loyalitas pada PT. Bank QNB Kesawan, Tbk Cabang Pematangsiantar. Variabel bebas pada penelitian ini ialah implementasi relationship marketing, dan loyalitas nasabah sebagai variabel terikatnya. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan ialah regresi linier sederhana, koefisien korelasi dan determinasi, dan pengujian hipotesis.Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Implementasi relationship marketing sudah baik dan loyalitas nasabah pada PT. Bank QNB Kesawan, Tbk Cabang Pematangsiantar sudah tinggi. 2) Hasil pengujian regresi adalah = 12,803 + 0,376X, berarti ada pengaruh positif implementasi relationship marketing terhadap loyalitas nasabah. 3) Hasil analisis korelasi nilai r = 0,772 artinya terdapat hubungan yang kuat dan positif antara implementasi relationship marketing dan loyalitas nasabah, kemudian nilai koefisien determinasi (KD) yaitu 0,596. Tinggi rendahnya loyalitas nasabah dapat dijelaskan oleh implementasi relationship marketing sebesar 59,6%. 4) Hipotesis Ho ditolak dan Ha diterima, artinya implementasi relationship marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah pada PT. Bank QNB Kesawan, Tbk Cabang Pematangsiantar.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

maker

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

Maker: Jurnal Manajemen merupakan media publikasi artikel ilmiah yang berisi tentang hasil penelitian bidang manajemen yang diterbitkan pada bulan Juni dan Desember dikelola oleh Program Studi Manajemen STIE Sultan ...