Ekowisata Pulau Semut merupakan satu-satunya wisata berbentuk pulau yang ada di Kota Pekanbaru. Perkembangan Pulau Semut berbasis pendidikan lingkungan dan konservasi alam ini seharusnya dapat meningkatkan perekonomian masyarakat setempat jika dikelola dengan baik. Pengelolaan wisata yang baik membutuhkan berbagai strategi, termasuk strategi pemasaran untuk meningkatkan kunjungan wisatawan baik lokal, domestik maupun mancanegara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis posisi Ekowisata Pulau Semut berdasarkan teori Tourism Area Life Cycle (TALC) serta merancang strategi pemasaran yang tepat berdasarkan fase TALC. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, yang secara khusus berfokus pada penyelidikan siklus hidup Pulau Semut. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ekowisata Pulau Semut sedang berada pada fase development yang ditandai dengan meningkatnya keterlibatan aktor, baik masyarakat, akademisi, pemerintah, maupun investor yang didukung dengan peningkatan sarana dan prasarana. Berdasarkan posisi Ekowisata Pulau Semut pada TALC, strategi pemasaran yang dilakukan ialah menawarkan harga yang kompetitif , menjual produk wisata yang berbeda, dan fokus pada segmen tertentu.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025