Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model POE (Predict-Observe-Explain) terhadap hasil belajar siswa biologi. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif terhadap 30 siswa dan diambil secara simple random sampling dari 168 siswa. Tes dan observasi digunakan dalam pengumpulan data. Berdasarkan analisis deskriptif diperoleh a) rata-rata penggunaan pembelajaran POE adalah 74,99 (kategori baik) dan b) rata-rata prestasi belajar biologi siswa sebelum menggunakan model pembelajaran POE adalah 55,3 (kategori cukup) dan setelah menggunakan model pembelajaran POE sebesar 66,7 (kategori cukup). Selanjutnya berdasarkan statistik inferensial dengan menggunakan uji t parsial diperoleh hasil ttabel lebih kecil dari thitung (1,699<4,78). Artinya, terdapat korelasi yang signifikan penggunaan model pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) terhadap prestasi belajar biologi.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025