Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana pengembangan strategi ekonomi lokal untuk meningkatkan daya saing UMKM berbasis ekonomi kreatif di Desa petatal Kecamatan Datuk tanah Datar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan data primer dan skunder yang didapat melalui metode observasi, dokumentasi. Adapun analisis datanya melalui pendekatan deskriptif analisis. Hasil pengembangan penelitian strategi menunjukkan bahwa ekonomi lokal dalam meningkatkan daya saing adalah: pertama, dengan cara memilih bahan baku berkualitas dan mudah didapatkan serta inovasi terhadap motif yang bervariasi sesuai dengan trend kekinian. Kedua, teknik pemasaran yaitu dengan melakukan promosi penjualan secara langsung maupun publikasi, pemasaran informasi pasar, dan pembangunan jaringan pemasaran. Pameran dan event mendorong peningkatan kualitas penjualan yaitu pembaharuan aset. Upaya strategi peningkatan daya saing melalui publikasi, mass selling dan personal selling telah mampu meningkatkan daya saing usaha mikro, dibuktikan dengan meningkatnya omzet dan aset pelaku usaha mikro kerajinan pembuatan Sabun Sunlight.
Copyrights © 2024