JBK (Jurnal Bimbingan dan Konseling)
Vol 6 No 2 (2019): JBK (Jurnal Bimbingan dan Konseling)

PENERAPAN TEKNIK CONFRONTATION UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA DI SMA NEGERI 4 SINJAI

Rosdiana Rosdiana (SMA Negeri 4 Sinjai)



Article Info

Publish Date
07 Jun 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui gambaran tingkat kepercayaan diri siswa di SMA Negeri 4 Sinjai, dan untuk meningkatan kepercayaan diri siswa di SMA Negeri 4 Sinjai, melalui teknik confrontation. Jenis penelitian yang dipilih adalah jenis penelitian eksperimen. Model yang digunakan pre-experiment design. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 4 Sinjai sebanyak 12 orang. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa berdasarkan hasil penelitian ini, tampak bahwa penerapan teknik confrontation merupakan teknik yang sangat efektif untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa. Pada pemberian teknik confrontation, siswa belajar tentang teori belajar yang dirancang untuk membantu para siswa memiliki keyakinan kemampuan diri, sikap optimis dalam menghadapi segala hal tentang diri dan kemampuannya, bersikap objektif, memiliki rasa tanggung jawab dan memiliki pemikiran rasional dan realistis. Teknik confrontation merupakan keterampilan konselor membantu konseli untuk menyadari adanya kesenjangan antara kata dan perbuatan atau bahasa badan, pikiran, tindakan dan perasaan konseli sehingga konseli dapat merubah perilakunya menjadi terarah dan menjalani gaya hidup yang sehat.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

bkmb

Publisher

Subject

Education

Description

(JBK) Jurnal Bimbingan dan Konseling adalah sebuah jurnal dengan sistem open-access, yang diterbitkan oleh Universitas Muhammadiyah Barru. Jurnal ini diterbitkan dua kali dalam setahun yaitu pada bulan (April dan Oktober) dengan Nomor ISSN Jurnal adalah 2443-0870 (cetak), dan 2798-7140 (Online). ...