Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih banyak siswa yang melakukan tindak perilaku bullying. Tindakan yang mereka lakukan sebagai pelaku bullying mereka lakukan secara sadar. Siswa yang menjadi korban tindak perilaku bullying ini belum sadar dengan dampak yang diberikan terhadap kepercayaan diri mereka. Dampak yang timbul adalah siswa menjadi sukar bergaul dengan temannyaa dan lebih suka menyendiri, sulit beradaptasi dengan keadaan, sulit berkomunikasi dengan lawan bicara, dan lebih suka membuang pandangan dengan melakukan gerakan-gerakan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mencari adanya pengaruh perilaku bullying terhadap kepercayaan diri siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 3 Pati yang berjumlah 420 siswa. Sampel yang diambil sebanyak 107 siswa. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan skala likert, yakni membuat skala kepercayaan diri dan skala perilaku bullying. Berdasarkan uji korelasi Person Product Moment, diperoleh nilai signifikansi 0.000 yang dapat diartikan bahwa antara Kepercayaan Diri (X) dengan Perilaku Bullying (Y) terdapat hubungan karena nilai signifikansi kurang dari 0.05, maka dapat ditarik kesimpulan yang berarti bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara variable Kepercayaan Diri dengan Perilaku Bullying siswa XI SMA Negeri 3 Pati.
Copyrights © 2024