Jurnal Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Penelitian Sosial Keagamaan
Vol 24 No 01 (2024): Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Penelitian Sosial Keagamaan

STRATEGI OPTIMALISASI PELAKSANAAN ANGGARAN BELANJA SATUAN KERJA KANTOR PELAYANAN PERBENDAHARAAN NEGARA TUBAN

Soesanto, Djoko Dwi (Unknown)
Nenobais, Harry (Unknown)
Susanti, Susanti (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis dan mendiskripsikan strategi optimalisasi pelaksanaan anggaran belanja pada KPPN Tuban. Dengan adanya analisis tersebut bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang dapat mempengaruhi optimalisasi penyerapan anggaran agar dapat menjadi 100%. Strategi yang tepat guna mendorong terciptanya optimalisasi anggaran belanja pada KPPN Tuban secara menyeluruh. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif diskriptif. Informan penelitian ditentukan secara purposive sampling. Informannya meliputi; Kuasa Pengguna Anggaran (KPA), Pejabat Pembuat Komitmen (PPK), Pejabat Penandatangan SPM (PPSPM), Bendahara Pengeluaran, Pejabat Pengadaan, Staf PPK pada KPPN Tuban dan Kassubbag Keuangan pada Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Jawa Timur. Adapun instrumen pengumpulan datanya menggunakan kuisioner, wawancara, dan observasi. Teknik analisis datanya menggunakan pendekatan SWOT. Hasil dari penelitian menyatakan bahwa terdapat delapan alternatif strategi yang dapat dilakukan dalam upaya peningkatan optimalisasi pelaksanaan anggaran belanja KPPN Tuban yaitu; 1) Adanya aplikasi komputer untuk optimalisasi pengelolaan anggaran yang realtime berbasis digital. 2) Komitmen pimpinan (KPA) dalam menghasilkan SDM dan manajemen SDM yang handal dan amanah melalui sarana dan prasarana yang mendukung serta perencanaan matang. 3) Pengelola anggaran yang kompeten dan komitmen pimpinan (KPA) serta meningkatkan kualitas SDM dalam menghindari dampak bila terjadi mutasi pegawai. 4) Sarana dan prasarana didukung dengan berbasis digital untuk meningkatkan efektifvitas dan efisiensi pengecekan barang dan jasa serta kelengkapan dokumen. 5) Perencanaan kegiatan yang berbasis digital, bertujuan untuk memudahkan terlaksananya diskusi serta revisi dalam pelaksanaan anggaran belanja yang efektif. 6) Adanya audit SDM dan pembinaan yang berbasis aplikasi, untuk mengantisipasi adanya rotasi staf pengelola anggaran. 7) Ada semangat dan antusias pengelolaan anggaran dengan melakukan diskusi maupun briefing pada pagi hari. 8). Ada sarana dan prasarana diskusi dan konsultasi perencanaan anggaran secara daring.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

dinamika

Publisher

Subject

Religion Social Sciences

Description

Jurnal Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Penelitian Sosial Keagamaan, The main focus of the journal includes publishing scientific researches on issues related to Islam, Muslim societies and community outreaches and development projects. It aims to be a meeting point for researches, community ...