Jurnal Jurnal Al-Muharrik: Jurnal Pendidikan Agama Islam
Vol. 1 No. 2 (2024): Jurnal Al-Muharrik : Jurnal Pendidikan Agama Islam Volume 1 Nomor 2 September 2

Pendidik dan Peserta Didik dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Islam

Sunki Mahmud Sulthon (Unknown)
Luthfi Anis Muadzin (Unknown)
Faridi (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Sep 2024

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang pendidik dan peserta didik dalam perspektif filsafat pendidikan Islam. Pendidikan tidak hanya bertujuan mentransfer ilmu tetapi juga nilai budaya yang membentuk kepribadian peserta didik. Dalam Islam, pendidikan mencakup konsep tarbiyah, ta’dīb, dan ta‘līm yang bertujuan mendekatkan diri kepada Allah dan berlandaskan pada al-Qur’an dan Hadis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi pustaka. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendidik memiliki peran sebagai teladan dan bertanggung jawab atas perkembangan peserta didik secara menyeluruh. Seorang pendidik juga merupakan orang dewasa yang bertanggung jawab memberikan bantuan kepada peserta didik dalam perkembangan fisik dan spiritual mereka, agar mereka dapat mencapai kedewasaan, berdiri sendiri, dan memenuhi tanggung jawab mereka sebagai hamba dan khalifah Allah SWT.  Peserta didik, sebagai individu dalam proses menuju kesempurnaan, memiliki tanggung jawab untuk belajar dengan sungguh-sungguh dan menghormati guru. Setiap peserta didik perlu menyadari tanggung jawab mereka jika proses pendidikan Islam adalah untuk mencapai tujuan yang dimaksudkan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

muharrik

Publisher

Subject

Religion Education Other

Description

Jurnal Jurnal Al-Muharrik: Jurnal Pendidikan Agama Islam adalah jurnal yang didedikasikan untuk bertukar hasil penelitian pada semua aspek Pendidikan Agama Islam. Jurnal ini dapat diakses secara terbuka sehingga semua konten yang tersedia pada jurnal ini diperbolehkan untuk dibaca, diunduh, ...