Persaingan dalam dunia kesehatan sekarang ini sangat tajam, hal ini disebabkan masyarakat mempunyai banyak alternatif pilihan dalam mendapatkan pelayanan yang paling memuaskan. Pilihan tersebut salah satunya adalah dalam hal penyimpanan dananya dalam bentuk tabungan. Kondisi ini diperparah dengan keadaan ekonomi yang penuh dengan ketidakpastian, sehingga suatu baank dituntut harus memenuhi tuntutan Pasien, apabila tidak memiliki keunggulan akan sulit mempertahankan diri. Salah satu strategi dalam memenangkan persaingan sekarang ini adalah strategi penerapan program-program pemasaran jasa kesehatan yang merupakan penjabaran dari bauran pemasaran jasa dan tuntutan pelanggan yang merupakan variabel yang dapat dikendalikan oleh perusahaan dalam menghasilkan profit. Oleh karena itu dilakukan penelitian dengan tujuan untuk mengetahui (1) Tuntutan pelanggan tabungan pada Bagian Unit Gizi Rumah Sakit TK II 03.05.01 Dustira Kota Cimahi; (2) kinerja bauran pemasaran jasa tabungan yang dilaksanakan oleh Bagian Unit Gizi Rumah Sakit TK II 03.05.01 Dustira Kota Cimahi dan ; (3) Pengaruh tuntutan pelanggan dan kinerja bauran pemasaran jasa terhadap Loyalitas Pelanggan Pasien pada Bagian Unit Gizi Rumah Sakit TK II 03.05.01 Dustira Kota Cimahi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey deskriptif dan survey eksplanatori dengan menggunakan sampel para Pasien Bagian Unit Gizi Rumah Sakit TK II 03.05.01 Dustira Kota Cimahi sebagai responden, sebanyak 100 orang. Berdasarkan hasil penelitian, maka didapatkan bahwa Tuntutan pelanggan yang meliputi kebutuhan (kuantitas Jasa Kesehatan yang dibutuhkan), keinginan (kualitas jasa kesehatan yang dikehendaki) dan permintaan (kualitas jasa kesehatan yang mampu di-konsumsi Pasien). Pergesaran tuntutan konsumen relatif dinamis padahal tingkat fleksibiltas dan adaptabilitas perusahaan untuk meresponnya relatif rendah, hal tersebut adalah agar perusahaan lebih siap untuk mengantisipasi tuntutan pelanggan; Kinerja Bauran pemasaran jasa meliputi produk, harga, lokasi/ tempat, promosi, orang, sarana fisik dan cukup baik dibandingkan dengan kesehatan lain dimana kinerja bauran pemasaran jasa sebagai salah satu alat untuk menentukan pilihan dalam menggunakan jasa kesehatan dan tuntutan pelanggan dan Kinerja Bauran pemasaran jasa berpengaruh terhadap Loyalitas Pelanggan, namun apabila dilihat secara parsial ternyata Bauran pemasaran jasa dominan mempengaruhi Loyalitas Pelanggan daripada tuntutan pelanggan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023