Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis: (1) Kualitas pelayanan pasien di Klinik Primer Edelweiss, (2) Kepercayaan pasien di Klinik Primer Edelweiss, (3) Loyalitas pasien di Klinik Primer Edelweiss, (4) Kualitas pelayanan terhadap kepercayaan pasien di Klinik Primer Edelweiss, (5) Seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas pasien di Klinik Primer Edelweiss, (6) Seberapa besar pengaruh kepercayaan pasien terhadap loyalitas pasien di Klinik Primer Edelweiss.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Populasi penelitian adalah pasien BPJS yang datang ke Klinik Primer Edelweiss pada tahun 2022 sebanyak 8.572 orang. Berdasarkan rumus Slovin diambil sampel sebanyak 100 orang. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis jalur (path analysis) untuk menjawab rumusan masalah.Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap tingkat kepercayaan pasien, kualitas pelayanan juga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas pasien, selain itu kepercayaan pasien memiliki pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas pasien. Namun, pengujian variabel mediasi menunjukkan bahwa kepercayaan pasien tidak memediasi pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas pasien.Kualitas pelayanan, kepercayaan, dan loyalitas pasien perlu ditingkatkan lebih lanjut, untuk itu direkomendasikan bagi Klinik Primer Edelweiss untuk merancang strategi yang mendorong keterlibatan pasien aktif dalam perawatan mereka, seperti program pemantauan kesehatan secara berkala, layanan pelanggan yang responsif, dan insentif bagi pasien yang loyal serta melakukan sosialisasi terlebih dahulu ketika akan diluncurkan produk baru.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023