Jurnal Edukasi Saintifik
Vol 3 No 2 (2023): Jurnal Edukasi Saintifik

Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Metode Quantum Learning Murid Kelas IV SDN 30 Sumpang Bita Kabupaten Pangkep

A. Aqila Nurfadiah (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia)
Puspawati Hera (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia)
Nasrah Nasrah (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia)
Syamsiar Syamsiar (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia)



Article Info

Publish Date
25 Aug 2023

Abstract

Penelitian yang dilaksanakan merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA menggunakan metode quantum learning pada murid kelas IV SDN 30 Sumpang Bita Kabupaten Pangkep. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yang mencakup empat kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah murid kelas IV SDN 30 Sumpang Bita Kabupaten Pangkep sebanyak 10 murid yang terdiri atas 6 orang laki-laki dan 4 orang perempuan. Teknik pengumpulan data adalah observasi, tes (evaluasi), dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan hasil belajar IPA menggunakan metode quantum learning pada murid kelas IV SDN 30 Sumpang Bita Kabupaten Pangkep. Hal ini dapat dilihat dari skor rata-rata hasil belajar IPA pada siklus I 56,5 dan yang tuntas 7 murid atau 70%, dan skor rata-rata hasil belajar IPA murid pada siklus II meningkat menjadi 78,7 dan yang tuntas sebanyak 10 murid atau 100%. Di samping itu juga, data hasil observasi disetiap siklus menunjukan adanya perubahan sikap murid kearah positif. Dari hasil analisis tersebut disimpulkan bahwa hasil belajar IPA pada murid kelas IV SDN 30 Sumpang Bita Kabupaten Pangkep dapat ditingkatkan melalui metode quantum learning.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jes

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Topik artikel untuk dipublikasikan pada jurnal ini mencakup (tapi tidak dibatasi) pada bidang Kependidikan, antara lain: Pengembangan Kurikulum, Pengembangan Metode/Model/Strategi Pembelajaran, Teknologi Pendidikan, Psikologi Kependidikan, Perkembangan Peserta Didik, Pendidikan Karakter, Filsafat ...