Penelitian ini menggunakan metode eksperimen yang menjelaskan bagaimana pengaruh media gambar terhadap kemampuan membaca siswa sekolah dasar kelas III. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah media gambar dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa SD Kelas III di SD Inpres 1 Fakfak. Labor FKIP Universitas Negeri Makasar. Rancangan penelitian ini adalah The Pre Test- Post Test Design, yang melibatkan 26 orang siswa. Eksperimen dilakukan dengan memberikan media gambar untuk meningkatkan kemampuan membaca anak. Analisis data pada penelitian ini adalah dengan menggunakan analisis uji beda (UJI-T) menggunakan seri program statistik SPSS 17 for windows untuk mengetahui pengaruh dari media gambar terhadap kemampuan membaca siswa. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil uji-t sebesar 17.86 (p=0,000) dan bila dilihat persentasi peningkatannya dari skor rata-rata 6 sebelum menggunakan media, kemudian meningkat menjadi 8.5 berarti terdapat peningkatan sebesar 2.5 (dua koma lima). Kesimpulannya, bahwa dengan media gambar dapat mempengaruhi kemampuan membaca siswa sekolah dasar kelas III, Laboratorium FKIP Universitas Negeri Makasar.
Copyrights © 2024