TTujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan pendekatan STEM terhadap kemampuan psikomotorik siswa pada pembelajaran IPA di SMPN 1 Sigi. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pre-experimental dengan desain penelitian one-group pretest-posttest design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah purposive sampling dengan sampel sebanyak 25 siswa kelas VIII B. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa pengamatan secara langsung menggunakan lembar observasi psikomotorik. Nilai rata-rata pre-test sebesar 77,7 dan nilai rata-rata post-test sebesar 86,1. Berdasarkan uji paired simple test pada pretest dan posttest diperoleh nilai sebesar 0,000 < 0,05 yang artinya terdapat perbedaan kemampuan psikomotorik yang signifikan. Kemudian selanjutnya uji N-Gain, diperoleh nilai sebesar 0,37 yang artinya terjadi peningkatan kemampuan psikomotorik dalam kategori sedang. Jadi, dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan STEM dapat meningkatkan kemampuan psikomotorik siswa pada pembelajaran IPA
Copyrights © 2024