Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran habit forming pada pembentukan karakter anak usia 5-6 tahun di TK PKK Sikur Barat 01. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan jenis penelitian pre experimental design. Penelitian ini dilaksanakan di TK PKK Sikur Barat dengan subjek penelitian kelompok B sejumlah 15 anak. Peneliti memperoleh data dari hasil observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah uji validitas, normalitas, dan hipotesis. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa lembar observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil validasi menggunakan expert judgement memperoleh skor 30, dengan rentang nilai 27,18 < X ≤ 33,54 dan dengan kategori “baik”. Uji normalitas data pada penelitan ini dinyatakan berdistribusi “Normal” dengan nilai pre test chi kuadrat hitung = 9,71, dengan taraf signifikan 5% dan chi kuadrat tabel=11,070, sehingga dapat dinyatakan bahwa (9,7<11,070), dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa data pada penelitian ini bersidtribusi “Normal”. Hasil uji t penelitian ini dengan t hitung = -1,8, harga t tersebut selanjutnya dibandingkan dengan harga t tabel dengan dk=n1+n2-2=15+15-2=28. Bila taraf kesalahan ditetapkan 5%, maka t tabel=2,048, jadi t hitung lebih kecil dari t tabel (-1,8<2,048), sehingga hasil uji hipotesis pada penelitian ini tidak berbeda secara signifikan (Ha diterima dan Ho ditolak). Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran habit forming tidak memberikan pengaruh terhadap pembentukan karakter anak usia 5-6 tahun di TK PKK Sikur Barat 01.
Copyrights © 2024