Jurnal Kewirausahan dan Multi Talenta (JKMT)
Vol. 2 No. 2 (2024): Jurnal Kewirausahan dan Multi Talenta (April-Juni 2024)

Tinjauan Ancaman dan Risiko pada Sistem Keamanan Internet of Things, Berbasis Cloud Computing dalam Penggunaan E-Commerce dan Rencana Strategis

Wulan, Wulan (Unknown)
Hadita, Hadita (Unknown)
Fauzi, Achmad (Unknown)
Maharani Putri, Ajeng (Unknown)
Fitriyani, Fika (Unknown)
Astriyani, Rini (Unknown)
Arisana, Vina (Unknown)
Indah Cahyani, Yuyun (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Jun 2024

Abstract

Ancaman dan risiko pada sistem keamanan internet of things, berbasis cloud computing dalam penggunaan e-commerce dan rencana strategis karena dengan penggunaan e-commerce terus meningkat seiring kemajuan teknologi, kejahatan yang merugikan dapat terjadi. Fokus artikel ini adalah untuk bagaimana tindakan, keamanan, risiko, dan pendekatan yang dibahas berdampak pada keamanan data pribadi. Penelitian ini melakukan analisis kualitatif dengan menggunakan metode Literature Review dan Systematic Literature Review (SLR). Strategi pengamanan yang tepat dapat membantu melindungi data pribadi pengguna, yang tentunya bersifat privasi, dari ancaman keamanan.  Teknologi informasi memiliki peran yang sangat penting dalam operasi bisnis, mulai dari CRM yang membantu bisnis meningkatkan produktivitas hingga e-commerce yang memudahkan transaksi melalui jaringan internet. Ancaman yang meliputi keamanan data, di mana penyimpanan data sensitif di cloud meningkatkan risiko kebocoran atau pencurian data serta serangan siber juga menjadi ancaman serius, dengan sistem IoT rentan terhadap malware, ransomware, dan serangan DDoS yang dapat mengganggu operasional pada e-commerce. Perusahaan e-commerce harus mengambil langkah yang dapat meningkatkan keamanan data dengan implementasi enkripsi end-to-end dan kebijakan akses yang ketat, serta pemantauan dan deteksi ancaman menggunakan teknologi yang canggih.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JKMT

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

Jurnal Manajemen dan Pemasaran Digital (JMPD), yang berkontribusi pada pemahaman, pengembangan teori, konsep teori, dan implementasi teori ilmu dan teknologi digital di semua tingkatan. Jurnal ini menerbitkan artikel penelitian asli, ulasan, Esai dan Studi Kasus dalam seluruh bidang sains dan ...