Abstrak Fokus penelitian ini adalah perilaku pencarian informasi mahasiswa Politeknik Pajajaran Insan Cinta Bangsa Bandung dalam menghadapi tantangan informasi di era digital. Tujuan penelitian adalah untuk mengidentifikasi cara mahasiswa mencari, mengevaluasi, dan memanfaatkan informasi yang mereka butuhkan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari mahasiswa, dosen, dan staf, sedangkan objeknya adalah perilaku pencarian informasi mahasiswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi, dan studi dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan mengkategorikan dan menginterprestasikan informasi yang diperoleh untuk menemukan pola dan tema yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa cenderung mengandalkan internet dan media sosial sebagai sumber utama informasi, namun mereka sering mengalami kesulitan dalam membedakan informasi yang valid dari yang tidak akurat. Kesimpulan penelitian menekankan pentingnya literasi informasi dan kemampuan analisis kritis bagi mahasiswa dalam memilih sumber informasi. Saran yang diberikan mencakup perlunya institusi pendidikan untuk mengadakan program pelatihan literasi informasi dan menyediakan akses ke sumber informasi yang lebih kredibel, agar mahasiswa dapat menjadi pencari informasi yang lebih efektif dan bertanggung jawab dalam menghadapi tantangan informasi yang ada. Abstract The focus of this research was the information-seeking behavior of students at Politeknik Pajajaran Insan Cinta Bangsa Bandung in addressing the challenges of information in the digital era. The purpose of the study was to identify how students searched for, evaluated, and utilized the information they needed. The research method used was descriptive with a qualitative approach. The subjects of the study consisted of students, lecturers, and staff, while the object was the students' information-seeking behavior. Data collection techniques included in-depth interviews, observation, and document study. Data analysis was conducted by categorizing and interpreting the information obtained to identify relevant patterns and themes. The results of the study showed that students tended to rely on the internet and social media as their primary sources of information, but they often struggled to distinguish valid information from inaccurate ones. The conclusion of the research highlighted the importance of information literacy and critical analysis skills for students in selecting information sources. The recommendations provided included the need for educational institutions to organize information literacy training programs and provide access to more credible information sources so that students could become more effective and responsible information seekers in addressing current information challenges.
Copyrights © 2024