PendIdikan sains memiliki peran penting dalam membentuk generasi muda yang berwawasan luas dan mampu bersaing di era globalisasi. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah melalui implementasi program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) mandiri Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan sains melalui pelatihan penggunaan alat uji elektrolit dan non-elektrolit dalam kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Mandiri di SMA Negeri 2 Sandai. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan eksperimen, melibatkan dua kelompok. Subjek penelitian adalah 15 siswa kelas X SMA Negeri 2 Sandai yang dipilih secara purposive random sampling. Pelatihan dilaksanakan selama satu hari, mencakup penjelasan teoretis, demonstrasi, dan praktik langsung penggunaan alat uji elektrolit dan non-elektrolit. Hasil penelitian menunjukkan Pelatihan alat uji elektrolit dan non-elektrolit melalui program MBKM Mandiri di SMA Negeri 2 Sandai berhasil meningkatkan kualitas pendidikan sains, peningkatan signifikan pemahaman konsep, keterampilan praktis, serta motivasi dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran sains. Pelatihan alat uji elektrolit dan non-elektrolit melalui program MBKM Mandiri di SMA Negeri 2 Sandai berhasil meningkatkan kualitas dibuktikan dengan hasil presentsi dan soal essay di akhir pelatihan, setelah pembelajaran siswa memberikan tanggapan positif terhadap pelatihan, merasa lebih tertarik dan termotivasi dalam mempelajari sains. Dengan demikian, pelatihan alat uji elektrolit dan non-elektrolit dalam kerangka MBKM Mandiri efektif dalam meningkatkan kualitas pendidikan sains di SMA negeri 2 Sandai. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif bagi pengembangan metode pengajaran sains yang lebih interaktif dan kontekstual di sekolah.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023