Masa kini strategi komunikasi internal sangat berperan penting dalam perusahaan media dan dianggap sangat krusial. Berdasarkan hal ini, penelitian ini bertujuan untuk memahami proses strategi komunikasi internal yang diterapkan oleh Key Opinion Leader (KOL) Planner dalam meningkatkan kinerja karyawan di bagiannya, yaitu Key Opinion Leader (KOL) Planner (Commercial). Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan wawancara dan observasi sebagai alat pengumpulan data. Penelitian ini meneliti karyawan KOL Planner (Commercial) di PT Vidio Dot Com. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi internal yang diterapkan pada karyawan KOL Planner adalah downward communication, yang mencakup instruksi, motivasi, dan teguran dari Head of Department (HOD) kepada karyawan. Adapun upward communication juga menjadi bagian dari komunikasi internal di departemen Commercial, yaitu pemberian gagasan dari karyawan kepada Head of Department. Komunikasi horizontal digunakan untuk memberikan sapaan dan informasi antar karyawan melalui group chat WhatsApp. Strategi komunikasi internal KOL Planner sangat berpengaruh terhadap kinerja karyawan di departemen Commercial. Strategi ini juga dirancang untuk mengatasi kejenuhan, perselisihan antar karyawan, dan memberikan semangat kerja dengan berbagai pujian berupa kupon gratis, tiket konser gratis, dan insentif positif lainnya. Kata Kunci: strategi komunikasi; kol planner; kinerja karyawan; komunikasi internal
Copyrights © 2024