Penelitian ini merupakan upaya untuk menganalisis bauran pemasaran terhadap perilaku konsumen pembelian buah apel di pasar modern yaitu pasar buah 88, dalam penelitian ini ingin melihat bagaimana karakteristik konsumen terhadap perilaku konsumen buah apel, bagaimana pengaruh bauran pemasaran (produk, harga, tempat, promosi dan kualitas pelayanan) terhadap perilaku konsumen dalam pembelian buah apel, dan melihat variable bauran pemasaran manakah yang paling berpengaruh terhadap perilaku konsumen dalam pembelian buah apel di pasar buah 88. Penelitian dilakukan pada bulan Februari hingga Juli 2023 dengan melibatkan 60 orang responden. Metode purposive sampling digunakan secara hati-hati dalam menentukan responden. Penelitian dilakukan dengan mengumpulkan data dari data primer yaitu kuesioner dan data sekunder yang dari instansi tertentu seperti badan pusat statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik konsumen pembeli buah apel di pasar buah 88 menurut jenis kelamin didominasi perempuan dengan kelompok umur 36-45 tahun, status pernikahan di dominasi oleh konsumen yang sudah menikah, pendidikan terakhir didominasi sarjana, jenis pekerjaan didominasi oleh pegawai swasta, dan rata-rata pendapatan per bulan didominasi dengan rentang pendapatan Rp.3.600.000 - Rp.6.500.000. Berdasarkan hasil analisis untuk variabel kualitas pelayanan, produk, harga berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumen. Secara simultan variabel produk, harga, tempat, promosi, dan pelayanan berpengaruh bersama-sama terhadap perilaku konsumen. Variabel yang berpengaruh paling dominan terhadap perilaku konsumen adalah variabel kualitas pelayanan (X5) terhadap perilaku konsumen berdasarkan hasil uji regresi linier berganda.
Copyrights © 2024