Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kebutuhan pengembangan media pembelajaran pada mata kuliah elektronika daya di Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika Fakultas Teknik. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan kuisioner sebagai instrumen dalam penelitian ini. Populasi dalam penelitian ini merupakan peserta didik dari Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika yang terdiri dari angkatan 2020 sampai angkatan 2022. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebar kuisioner secara daring melalui aplikasi Google Forms pada sejumlah sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa masalah dalam penggunaan media pembelajaran yang digunakan di kelas yaitu (1) metode pembelajarn yang digunakan adalah metode ceramah dengan persentase sebesar 32%; (2) tingkat pemahaman terhadap materi elektronika daya masih rendah; (3) tingkat kesulitan materi pembelajaran termasuk dalam kategori tinggi; (4) penyampain materi dalam kelas masih menggunakan media presentasi dengan persentase sebesar 39%.
Copyrights © 2023