Jurnal Ilmiah Matematika (JIMAT)
Vol 3 No 1 (2022): JIMAT: Jurnal Ilmiah Matematika ( Edisi Januari- Juni 2022)

Kemampua Berpikir Matematika Melalui Metode Pembelajaran Inquiri Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel di SMP Islam Samargalila Labuha Tahun Ajaran 2022-2023

Syaiful Bahri Rahantan (STKIP Kie Raha)



Article Info

Publish Date
06 Sep 2023

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini berjudul Kemampuan berpikir matematika melalui metode pembelajaran inquiri pada materi sistem persamaan linear dua variabel di kelas VIII SMP Islam Samargalila Labuha. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah metode pembelajaran inquiri dapat meningkatkan kemampuan berpikir siswa pada mata pelajaran matematika. Tehnik pengumpulan data yang di gunakan adalah lembar observasi siswa dan hasil tes tertulis.Hasil penelitian menunjukan bahwa metode pembelajaran inquiri dapat meningkatkan kemampuan berpikir matematika siswa kelas VIII SMP tahun ajaran 2022 pada siklus I presentasi keaktifan siswa besebar 56% dan presentasi klasikal sebesar 50%, dan pada siklus II Mengalami peningkatan keaktifan sebesar58% dengan ketuntasan klasikal sebesar 50%. Metode pembelajaran inquiri dapat meningkatkan kemampuan berpikir siswa kelas VIII SMP Islam Samargalila Labuha materi sistem persamaan linear dua variabel tahun ajaran 2022 pada siklus I nilai rata-rata yang di peroleh siswa masih kurang yaitu 56,55 Dengan ketentuan klasikal 57%, pada siklus II nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 80,55 Dengan ketentuan klasikal 81%.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jimat

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Ilmiah Matematika (JIMAT) adalah terbitan berkala ilmiah (e-ISSN: 2774-1729) yang menyajikan informasi-informasi terkini di bidang Pendidikan Matematika dan Sains Matematika, melalui artikel-artikel baik yang berbasis penelitian lapangan maupun kajian literatur. Melalui terbitan-terbitan ini, ...