Jurnal Ilmiah Matematika (JIMAT)
Vol 5 No 1 (2024): Januari-Juni 2024

Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Inquiri Untuk Meningkatkan Proses Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Operasi Hitung Bilangan Bulat Siswa Kelas VII SMP Negeri 47 Halmahera Selatan

Amir, Wulandari (Unknown)
Habsyi, Rusdyi (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Jun 2024

Abstract

Kemampuan berpikir kritis merupakan aspek yang sangat penting dalam perkembangan pendidikan saat ini. Salah satu metode pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis adalah model pembelajaran inquiri Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe inquiri untuk meningkatkan proses berpikir kritis siswa pada materi operasi bilangan bulat siswa kelas VII SMP Negeri 47 Halmahera Selatan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif tipe eksperimen dengan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Design yang menggunaakan dua kelas yaitu kelas control dan kelas eksperimen. Sampel ditentukan berdasarkan kemampuan berpikir kritis siswa, dengan siswa kelas VII A yang berjumlah 22 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas VII B yang berjumlah 22 siswa sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data melalui tes dan observasi. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat yaitu uji normallitas, uji homogenitas, uji hipotesis, dan uji data observasi. Hasil peneltian menunjukkan model pembelajaran inquiri efektif dalam meningkatkan proses berfikir kritis siswa, kesimpulan ini dapat dilihat dari hasil perhitungan kelas VII A (kelas Kontrol) diperoleh nilai rata-rata 70,32 sementara kelas VII B (kelas Eksperimen) diperoleh nilai rata-rata adalah 78,27. Data tersebut membuktikan adanya perbedaan proses berpikir kritis antara siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran inquiri terhadap proses berpikir kritis siswa materi operasi hitung bilangan bulat kelas VII SMP Negeri 47 Halmahera Selatan berpengaruh dan terdapat perbedaan. Hal ini dibuktikan dengan adanya perbedaan rata-rata antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Rata-rata kelas eksperimen lebih besar daripada rata-rata kelas kontrol.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jimat

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Ilmiah Matematika (JIMAT) adalah terbitan berkala ilmiah (e-ISSN: 2774-1729) yang menyajikan informasi-informasi terkini di bidang Pendidikan Matematika dan Sains Matematika, melalui artikel-artikel baik yang berbasis penelitian lapangan maupun kajian literatur. Melalui terbitan-terbitan ini, ...