Jurnal Ilmiah Matematika (JIMAT)
Vol 5 No 2 (2024): Juli - Desemeber 2024

Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Dan Think Pair Share (TPS) Di SMP Negeri 52 Satap Halmahera Selatan

Tasanif, Nurlaila H (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Dec 2024

Abstract

Masalah yang sering dialami dalam proses pembelajaran matematika adalah rendahnya pemecahan masalah matematika. Hal itu disebabkan karena kebanyakan siswa tidak menyukai pelajaran matematika karena dianggap sulit dan membosankan. Salah satu faktor yang menyebabkan hal tersebut adalah tidak digunakannya strategi pembelajaran yang menarik. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemecahan masalah siswa yang diajar melalui pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dan Think Pair Share (TPS) di SMP N 52 Satap Halmaher Selatan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI SMP N 52 Satap Halmaher Selatan. Sedangkan yang menjadi Sampel dalam penenlitian ini adalah kelas X1 sebanyak 20 siswa tipe Numbered Head Together dan kelas X2 sebanyak 20 siswa tipe Think Pair Share. Dalam Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu tes kemampuan pemecahan masalah.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jimat

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Ilmiah Matematika (JIMAT) adalah terbitan berkala ilmiah (e-ISSN: 2774-1729) yang menyajikan informasi-informasi terkini di bidang Pendidikan Matematika dan Sains Matematika, melalui artikel-artikel baik yang berbasis penelitian lapangan maupun kajian literatur. Melalui terbitan-terbitan ini, ...