Humanities Horizon Journal
Vol. 1 No. 1 (2024)

Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Lectora Inspire pada Mata Pelajaran Geografi

Sasi, Wahyuning (Unknown)
Amin, Saiful (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran lectora inspire dan mengetahui kelayakan pada mata pelajaran geografi di SMA Sultan Agung Puger Jember, Indonesia. Model penelitian dan pengembangan (Research and Development) ini mengacu pada model ADDIE. Produk media yang dikembangkan divalidasi 1 ahli materi dan 1 ahli desin media. Selanjutnya medi adiujikan kepada 1 guru geografi dan 30 siswa kelas 10 IPS di SMA Sultan Agung Puger Jember yang sedang mempelajari materi DInamika Litosfer dan dampaknya terhadap kehidupan. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif yaitu statistik deskriptif dan analisis kualitatif meninjau tanggapan validator desain, materi, guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran lectora inspire memiliki tingkat kelayakan dari: ahli media sebesar 90 persen, ahli materi sebesar 95 persen, guru sebesar 95 persen, dan siswa sebesar 87 persen. Nilai rata–rata kelayakan media lectora inspire adalah sebesar 91,75 persen dan berada pada kategori sangat baik. Hal tersebut menunjukkan bahwa media pembelajaran lectora inspire layak digunakan sebagai media pembelajaran terutama pada mata pelajaran geografi materi Dinamika Litosfer dan Dampaknya Terhadap kehidupan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

hh

Publisher

Subject

Humanities Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences Other

Description

Humanities Horizon Journal is an academic platform that invites contributions in the form of original research articles, theoretical frameworks, critical essays, book reviews, and scholarly dialogues in various humanities disciplines. Humanities Horizon Journal encourages submissions related to ...