Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan
Vol. 14 No. 1 (2025): Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan

PENGARUH SOSIAL MEDIA MARKETING DAN CROSS CULTURAL MARKETING TERHADAP IMPULSIF BUYING DI KALANGAN GEN Z PADA SEGMEN FAST FASHION DENGAN TINGKAT HEDONISME SEBAGAI VARIABEL MEDIASI

Purwanto, Dimas (Unknown)
Fauzan, Rizky (Unknown)
Afifah, Nur (Unknown)
Juniwati, Juniwati (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak Social Media Marketing dan Cross Cultural Marketing terhadap perilaku impulsif buying dan tingkat hedonisme di kalangan Generasi Z dalam segmen fast fashion, dengan tingkat hedonisme sebagai variabel mediasi. Generasi Z, yang sangat terpapar teknologi dan media sosial, menjadi target utama bagi industri fast fashion. Dengan pendekatan kuantitatif, penelitian ini melibatkan 205 responden Gen Z di Indonesia yang aktif di media sosial dan memiliki pengalaman pembelian fast fashion. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Social Media Marketing dan Cross Cultural Marketing berpengaruh signifikan terhadap impulsif buying dan tingkat hedonisme, yang menjadi pemicu dalam meningkatkan dorongan konsumsi impulsif. Selain itu, hedonisme terbukti memediasi hubungan antara kedua strategi pemasaran tersebut dengan impulsif buying, yang memperkuat keterlibatan emosional konsumen dengan produk fast fashion. Temuan ini memberikan wawasan penting bagi pemasar untuk merancang strategi pemasaran yang berfokus pada pengalaman emosional dan penggunaan elemen budaya global dalam menjangkau Gen Z. Penelitian ini juga menawarkan kontribusi teoretis dengan memperkaya literatur perilaku konsumsi impulsif dan hedonisme di era digital.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jbk

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan adalah jurnal berkala yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian, Publikasi dan Pengabdian pada Masyarakat (LP3M) Nobel Indonesia. Jurnal BISNIS dan KEWIRAUSAHAAN memuat artikel dalam bidang bisnis dan kewirausahaan (yang meliputi pendidikan, pengembangan teknologi, ...