J-IKA : Jurnal Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas BSI Bandung
Vol 11, No 2 (2024): September

Implementasi Artificial Intelegence (AI) Dalam Perancangan Strategi Komunikasi Pemasaran Produk UMKM

Andriana, Dina (Unknown)
Fadilah, Jusuf (Unknown)
Widarti, Widarti (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Sep 2024

Abstract

Studi ini menganalisis potensi AI dalam mendukung proses digitalisasi bisnis UMKM di Indonesia, sejalan dengan target pemerintah untuk memigrasikan 30 UMKM ke platform digital pada tahun 2024. Mengadopsi metode Systematic Literature Review (SLR) yang dikembangkan oleh Xiao dan Watson (2019), penelitian ini secara sistematis mereview literatur terkait dan menganalisis studi kasus implementasi AI pada UMKM. Hasil kajian menunjukkan bahwa AI memiliki peran signifikan dalam meningkatkan efisiensi operasional UMKM, serta dalam personalisasi pemasaran melalui pemahaman yang lebih mendalam terhadap perilaku konsumen. AI juga berpotensi meningkatkan kualitas pengambilan keputusan. Akan tetapi, penelitian ini juga mengidentifikasi sejumlah tantangan yang menghambat UMKM dalam memanfaatkan teknologi AI seperti keterbatasan sumber daya dan kurangnya pengetahuan. Berdasarkan temuan ini, penelitian ini memberikan rekomendasi kebijakan untuk mempercepat transformasi digital UMKM melalui pemanfaatan AI secara efektif.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jika

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Ilmu Komunikasi (J-IKA) Terbit pertama kali pada 2014. Jurnal ini dimaksudkan sebagai media kajian ilmiah hasil penelitian, pemikiran dan kajian analisis-kritis mengenai penelitian Bahasa dan ...