Melalui sastra, anak-anak belajar tentang berbagai aspek nilai karakter. Salah satu karakter pada dimensi Profil Pelajar Pancasila yaitu gotong-royong. Gotong royong merupakan bentuk solidaritas sosial di mana terdapat bantuan dari pihak lain untuk kepentingan individu maupun bersama yang menunjukkan loyalitas dalam satu kesatuan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan karakter gotong royong yang terkandung dalam 5 cerita bergambar terpilih pada laman SIBI. Penelitian ini menggunakan Teknik deskriptif kualitatif. Teknik simak, catat dan dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data; dengan kata lain, peneliti menyimak setiap cerita bergambar yang dipilih dan mencatat setiap data yang ditemukan. Judul cerita bergambar yang dipilih yaitu Coba Dulu, Tora!, Putri di Dalam Hutan, Nanti Saja, Sagu Pertama, Maria, dan Seraung untuk Pu’i. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam cerita terpilih tersebut mengandung nilai-nilai karakter gotong royong yang dapat ditiru oleh pembacanya (anak-anak).
Copyrights © 2025