JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 1 (2025)

Manajemen Kinerja Berbasis Religius dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru (Studi Kasus di SD Islam Terpadu Al Khairiyah)

Nasution, Niswatul Azizah (Unknown)
Irwansyah, Irwansyah (Unknown)
Yulia, Fitri (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Jan 2025

Abstract

Secara prinsipil, aspek religius yang diterapkan di Lembaga Pendidikan berkaitan dengan adanya penekanan akan pemahaman agama yang tidak dapat terpisah yakni iman, qalbu, keyakinan serta ihsan. Maka dari itu, pendidik sebagai bagian penting didalamnya berperan untuk menyalurkan pengetahuan keagamaannya secara professional. Sebagai seorang professional, guru berkontribusi aktif dalam pembangunan sumberdaya manusia yang unggul, berkeTuhanan, cakap dalam ilmu pengetahuan dan pemanfaatan teknologi, berbudi luhur, etis dan memiliki kepribadian yang dapat diteladani. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan humanistik. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh melalui sumber data primer dan sumber data sekunder. Data dalam penelitian ini di kumpulkan menggunakan observasi, wawancara, angket/kuesioner dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap professional guru akan tercermin dari bagaimana kemampuannya dalam menjalankan perintah agama dan menyampaikannya kepada peserta didik.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...