Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV SDN 066666 Medan Denai pada mata Pelajaran IPAS materi kaya budaya melalui model pembelajaran Problem Based Learning berbasis Culturally Responsive Teaching. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di SDN 066666 Medan Denai memiliki permasalahan, yaitu peserta didik kelas IV masih banyak yang belum mencapai KKM. Kegiatan pembelajaran yang diberikan juga masih kurang bervariasi dalam penyampaian materi. Penelitian ini ialah penelitian Tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan selama 2 siklus yang bertahap, yaitu siklus I dan siklus II. Subjek pada penelitian ini ialah peserta didik kelas IV sejumlah 14 orang. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa penerapan model PBL berbasis CRT dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Pernyataan ini dapat terbukti melalui hasil belajar peserta didik yang mencapai ketuntasan hasil belajar meningkat dengan presentase pada siklus I sebesar 57,14% dan menjadi 85,71% pada siklus II.
Copyrights © 2025