JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 1 (2025)

Survei Keterlaksanaan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pada Mata Pelajaran PJOK di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri di Sidoarjo

Oktobitri, Mustafa Ilham (Unknown)
Juniarisca, Dwi Lorry (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Jan 2025

Abstract

Kurikulum menjadi sangat penting karena rancangan besar untuk menjalankan pendidikan di Indonesia. Oleh karena itu, kurikulum perlu dikawal dalam pelaksanaannya karena kurikulum merupakan pedoman bagi instansi pendidikan dalam melaksanakan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar keberhasilan pelaksanaan kurikulum merdeka, hambatan apa yang dirasakan, bagaimana cara untuk mengatasi hambatan tersebut dalam pelaksanaan kurikulum merdeka. Penelitian ini menggunakan metode yang digunakan yaitu kualitatif–deskriptif dengan sampel yang digunakan merupakan 5 kepala sekolah, 5 wakil kepala sekolah bidang kurikulum, dan 17 guru mata pelajaran PJOK yang berjumlah 27 Orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik puposive sampling dengan menggunakan model angket melalui google form. Metode pengumpulan data yang digunakan untuk menyimpulkan data, mengolah data dan menyajikan data yaitu menggunakan microsoft excel. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa keterlaksaan implementasi kurikulum merdeka di SMKN Kabupaten Sidoarjo pada mata pelajaran PJOK sudah sangat baik. Hambatan yang dirasakan cukup beragam mulai dari sarana dan prasarana, beberapa guru yang kurang mengikuti pelatihan, kurang pengetahuan tentang pembelajaran berdiferensiasi, dan lain - lain. Cara mengatasi hambatan juga bermacam – macam mulai melaksanakan BIMTEK, MGMP, dan Workshop sehingga permasalahan dapat terselesaikan dengan baik.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...