Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V UPTD SDN 191 Barru pada materi unsur-unsur intrinsik cerita melalui penggunaan media pembelajaran audio visual. Observasi menunjukkan bahwa pembelajaran bahasa Indonesia sebelumnya kurang efektif karena metode ceramah yang monoton dan kurang interaktif. Akibatnya, hanya 5 dari 19 siswa yang mencapai nilai di atas standar, sementara mayoritas siswa merasa kesulitan memahami materi. Untuk mengatasi masalah ini, diterapkan media audio visual sebagai bagian dari Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan demonstrasi. Media ini dirancang untuk menciptakan suasana belajar yang lebih dinamis, melibatkan komunikasi dua arah antara guru dan siswa, serta mendorong siswa bersikap kritis dan aktif. Hasilnya menunjukkan bahwa penggunaan media audio visual dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi, menciptakan pengalaman pembelajaran yang bermakna, dan mendorong pencapaian hasil belajar yang lebih optimal.
Copyrights © 2025