JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 1 (2025)

Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Make A Match terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SDS Islamiyah 10259415 Medan Tahun Ajaran 2024/2025

Gultom, Taufik Hidayat (Unknown)
Mailani, Elvi (Unknown)
Simanjuntak, Eva Betty (Unknown)
Faisal, Faisal (Unknown)
Siregar, Fajar Sidik (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jan 2025

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Cooperative Learning tipe Make A Match terhadap hasil belajar mata Pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V di SDS Islamiyah 10259415 Medan T.A 2024/2025. Penelitian ini merupakan peneltian kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperimental. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V di SDS Islamiyah Medan 10259415, yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas VA yang berjumlah 17 siswa dan Kelas VB yang berjumlah. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes objektif tipe pilihan ganda (multi choice) dengan empat pilihan (option). Pada uji hipotesis menggunakan uji Independent Sample T-Test menunjukkan nilai Thitung pada kelas eksperimen sebesar 5,865 dan pada kelas kontrol sebesar 8,341, dengan Ttabel masing-masing 2,037 dan 2,048. Nilai signifikansi (P(T<=t) two-tail) sebesar 0,000 pada kedua kelas, lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05 artinya Ha diterima dan H0 ditolak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada model pembelajaran Cooperative Learning tipe Make A Match pada mata pelajaran Bahasa Indonesia untuk materi Bab VII Sayangi Bumi di kelas V SDS Islamiyah 10259415 Medan T.A 2024/2025.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...