JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 1 (2025)

Menguatkan Resiliensi: Peran Regulasi Emosi dan Dukungan Sosial Pada Remaja Korban Bullying di Surabaya

Ayuningtyas, Christin Indah (Unknown)
Rini, Rr. Amanda Pasca (Unknown)
Pratitis, Nindia (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Feb 2025

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menyelidiki hubungan antara regulasi emosi dan dukungan sosial dengan resiliensi remaja korban bullying di Surabaya. Hipotesis yang diajukan adalah bahwa hubungan ini positif. Penelitian kuantitatif korelasional ini melibatkan 130 remaja di Surabaya yang menjadi korban bullying. Sampel diambil secara random. Siswandi (2020) Emotional Regulation Questionnaire (ERQ), yang didasarkan pada dimensi Gross & John (2003), adalah metrik yang digunakan. Menurut teori Sarafino (1999), skala dukungan sosial menggunakan empat diensi. Di sisi lain, skala resiliensi menggunakan skala Connor-Davidson Resilience (CD-RISC), yang dikembangkan oleh Rinaldi (2011), yang didasarkan pada elemen Connor dan Davidson. Dengan nilai F = 53,991 dan nilai Sig = 0,000, analisis regresi berganda digunakan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...